Minggu, 29 Desember 2019

Critical jurnal pkn


CRITICAL JOURNAL REVIEW
PKN

Dosen Pengampu : Drs. Hudson Sidabutar. M.Si
 


Disusun Oleh :


PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
2017

JURUSAN TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2019



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas critical jurnal review mata kuliah Pendidikan Kewarga Negaraan. Saya  berterima kasih kepada bapak selaku dosen pengampu mata kuliah Menejemen Industri yang sudah memberikan mimbingan kepada saya.
Saya menyadari bahwa tugas ini masih banyak terdapat kekurangan oleh karena itu saya meminta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Dan saya juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan tugas ini.
            Akhir kata saya ucapkan terima kasih semoga tugas ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi pembaca.


Medan 20 Mei 2019






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..................................................................................        1
KATA PENGANTAR ................................................................................        2
DAFTAR ISI ..............................................................................................        3
BAB I   PENDAHULUAN ........................................................................        4
1.1.       Latar Belakang ..............................................................................        4
1.2.       Tujuan............................................................................................
1.3.       Manfaat .........................................................................................        4
BAB II  PEMBAHASAN ..........................................................................        6
2.1 Review Jurnal ...................................................................................        7
BAB III PENUTUP.....................................................................................        8
4.1. Kesimpulan .....................................................................................        8
4.2. Saran ...............................................................................................        8



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Review jurnal merupakan sebuah kritiakn yang dilakukan untuk menilai dan menganalisi sebuah jurnal. Dalam critical jurnal kali ini, penulis menganalisis sebuah jurnal mengenai pneumetik dan hidrolik.
Pada kesempatan kali ini penulis memilih jurnal dengan judul pembelajaran sistem hidrolik dan pneumatik dengan menggunakan automation studio, alasan penulis memilih jurnal ini adalah rendahnya tingkat kemampuan mahasiswa dalam melakukan anilis pneumtik dan hidrolik.
1.2  Tujuan
Mengkritik Jurnal (critical journal review) ini dibuat sebagai salah satu referensi ilmu yang bermanfaat untuk menambah wawasan penulis maupun pembaca dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu jurnal, menjadi bahan pertimbangan, dan juga menyelesaikan salah satu tugas individu mata kuliah Pneumetik Dan Hidrolik di Universitas Negeri Medan.
1.3  Manfaat
Adapun manfaat dari critical jurnal review aadalah Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah jumal atau hasil karya tulis ilmiah lainnya secara ringkas. Menjadi mahasiswa yang lebih kritis dan meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa.


BAB II PEMBAHASAN
REVIEW JURNAL
1
Judul
PELAKSANAAN NILAI DEMOKRASI DI KALANGAN MAHASISWA
2
Jurnal
Jurnal
3
ISSN
-
4
Volume dan Halaman

5
Tahun
2014
6
Penulis
Sri Gunarsi
7
Reviewer
Richo Handika
8
Tanggal
20 Mei 2019
9
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa peduli mahasiswa tentang Pancasila dan demokrasi
10
Subjek Penelitian
Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa di berbagai universitas

11
Latar Belakang
 dan Teori
Manusia adalah makhluk social yang sejak lahir hingga dengan kematiannya, selalu berada dalam suatu lingkungan sosial yang berbeda-beda satu sama lain (Widjaja,1986:89). Manusia dapat dikatakan tidak terlepas dari lingkungan masyarakat tempat hidup bersama serta berinteraksi dengan individu yang lain. Menurut Subadi (2008: 83), “Manusia hidup dalam masyarakat, akan saling berhubungan dan saling membutuhkan sama lain. Kebutuhan itulah dapat menimbulkan suatu proses interaksi social ”.Kebutuhan dapat dibagi menjadi 2, yaitu kebutuhan materi dan non materi.
Perilaku kehidupan masyarakat terutama di lingkup perguruan tinggi, pembentukan nilai-nilai demokrasi harus selalu dibangkitkan. nilai-nilai demokrasi harus selalu dibangkitkan karena memiliki tujuan untuk menciptakan suasana demokratis antar mahasiswa, yang akhirnya menimbulkan suasana harmonis. Kalangan mahasiswa juga harus selalu mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi, agar perannya sebagai agen perubahan di masyarakat bisa semakin optimal.
13
Metode penelitian

-
Langkah Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PKN FKIP UMS Tahun Akademik 2013/2014. Menurut Sugiyono (2010:5), jenis-jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut bidang, tujuan, metode, tingkat eksplanasi dan jenis data. Berdasarkan pendapat di atas, jenis penelitian ini adalah kualitatif. Strategi dalam penelitian ini adalah studi kasus tunggal. Studi kasus yang dimaksud terkait pelaksanaan nilai demokrasi di kalangan mahasiswa Prodi PKN FKIP UMS tahun akademik 2013/2014.
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa serta dosen pengampu di Prodi PKN FKIP UMS tahun akademik 2013/2014. Objek penelitian ini adalah
15
Hasil Penelitian
1. Visi Prodi PKN FKIP UMS
Menjadi pusat pengembangan pendidikan dan pembelajaran bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Ketatanegaraan, untuk membentuk bangsa yang berkarakter kuat dan memiliki kesadaran berkonstitusi menuju masyarakat madani.
2. Misi Prodi PKN FKIP UMS
a. Menyelenggarakan pendidikan guru bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta ketatanegaraan.
b. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta meningkatkan sumberdaya manusia yang berkarakter kuat, sehingga mampu memecahkan permasalahan
bangsa dan memberikan pelayanan pendidikan menuju masyarakat madani.
c. Menyelenggarakan pendidikan dan pembinaan generasi muda melalui program pendidikan kepramukaan.
3. Tujuan Prodi PKN FKIP UMS
a. Menghasilkan guru professional bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Ketatanegaraan yang profesional, berkemampuan mengembangkan pembelajaran inovatif dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
b. Menghasilkan guru-guru yang menguasai iptek dan seni sebagai pendukung profesionalisme guru.
c. Menghasilkan guru berkarakter kuat dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita nasional.
d. Menghasilkan guru yang memiliki kemampuan dalam membina generasi muda melalui pendidikan kepramukaan.


18
Kesimpulan
penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Prodi PKN FKIP UMS dalam perkuliahan di dalam kelas juga menerapkan nilai-nilai demokrasi. Bentuk-bentuk pelaksanaan nilai demokrasi pada mahasiswa di Prodi PKN FKIP UMS ditunjukan dengan: 1) Berdiskusi dengan mahasiswa lain saat proses perkuliahan di dalam kelas; 2) Memberikan masukan atau pendapat kepada mahasiswa lain saat diskusi di dalam kelas; 3) Menerima saran atau kritikan dari mahasiswa lain saat diskusi di dalam kelas; 4) Mengambil keputusan dengan musyawarah terhadap hal-hal yang menyangkut kegiatan akademik di luar perkuliahan; 5) Berdiskusi dengan mahasiswa dalam mengerjakan tugas kelompok di luar perkuliahan
16
Kekuatan Penelitian
Menurut saya kekuatan penelitian ini adalah terletak pada hasil penelitian dan pembahasan. Topik yang diambil pada jurnal ini juga cukup bagus, sehingga pembaca lebih memahami tentang Demokrasi.
17
Kelemahan Penelitian
Menurut saya kelemahan pada Penelitian ini adalah landasan teori yang digunakan. Dimana jurnal ini tidak menyajikan landasan teori dalam melakukan penelitian. Pada Jurnal ini terdapat daftar pustaka tetapi didalam isi jurnal tidak terdapat catatan kaki hal ini tidak sesuai dengan sistematika tulisan karya ilmiah.





BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan dan Saran
Setelah menganalisa secara keseluruhan, menurut saya jurnal penelitian ini secara sistematika sudah cukup bagus karena penulis telah mengikuti aturan penulisan yang benar serta memberikan deskripsi yang detail dan mendalam tentang kasus karena itu merupakan sebuah keharusan bagi penelitian kuantitatif. Judul penelitian ini juga cukup bagus dan sangat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi atau acuan bagi seorang guru ataupu mahasiswa calon guru. Saran saya bagi penulis untuk penelitian selanjutnya agar  memperbaiki kekurangan pada penelitian ini, serta memperhatikan penulisan sehingga kalimat mudah dimengerti dan lebih menarik.


JANGAN LUPA JUGA KUNJUNGI YOUTUBE CHANEL KAMI Richo Han 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar