REKAYASA IDE
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
“MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BELAJAR SISWA”
DOSEN PENGAMPU:
Prof. Dr. SRI
MILFAYETTY,MS.Kons.,S.Psi.
DISUSUN
OLEH :
FENNY RISZKA ENN MIYA
BR SEMBIRING
( 4173111022
)
MATEMATIKA REGULER DIK
B
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya ucapkan kepada Tuhan
Yang Maha Esa atas rahmat dan karunianyya sehingga saya masih diberikan
kesempatan untuk menyelesaikan REKAYASA IDE ini. Rekayasa Ide ini saya buat guna memenuhi penyelesaian tugas pada mata kuliah
PSIKOLOGI PENDIDIKAN semoga critical jurnal review ini dapat menambah wawasan
dan pengetahuan bagi para pembaca.
Dalam
penulisan rekayasa ide ini, saya tentu saja tidak dapat menyelesikannya sendiri
tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih
kepada kedua orang tua saya yang selalu mendoakan dan kepada dosen pengampu,
Prof.Dr.Sri Milfayetty,MS.Kona.,S.Psi. Saya menyadari bahwa critical jurnal review
ini masih jauh dari kata sempurna karena masih banyak kekurangan. Oleh karena
itu,saya dengan segala kerendahan hati meminta maaf dan megharapkan kritik
serta saran yang membangun guna perbaikan dan penyempurnaan ke depannya.
Akhir
kata saya ucapkan terimakasih dan semoga
materi yang ada dalam rekayasa ide ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya
bagi para pembaca.
April, Maret 2018
Fenny Riszka Enn Miya
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Keterampilan
merupakan kecakapan melakukan suatu tugas tertentu yang diperoleh dengan cara
berlatih terus menerus, karena keterampilan tidak datang sendiri secara
otomatis melainkan secara sengaja diprogramkan melalui latihan terus menerus.
Jika dikaitkan dengan makna belajar di atas, keterampilan belajar adalah
keahlian yang didapatkan (acquired skill) oleh seorang individu melalui proses
latihan yang kontinyu dan mencakup aspek optimalisasi cara-cara belajar baik
dalam domain kognitif, afektif ataupun psikomotor (Budiardjo, 2007:19).
Menjalani proses belajar merupakan bagian yang amat penting dalam kegiatan
belajar di sekolah. Melalui kegiatan belajar materi pokok yang harus dikuasai
siswa akan dibahas oleh guru bersama siswa, melatihkan bermacam-macam
keterampilan, mengerjakan berbagai tugas sehingga siswa melakukan kegiatan
belajar dalam rangka memahami dan menguasai materi pokok yang dimaksudkan.
Surya (1992:28) mengungkapkan bahwa keterampilan merupakan kegiatan-kegiatan
yang bersifat neoromuscular, artinya menuntut kesadaran yang tinggi. Dibandingkan
dengan kebiasaan, keterampilan merupakan kegiatan yang lebih membutuhkan
perhatian serta kemampuan intelektual, selalu berubah dan sangat disadari oleh
individu. Dalam proses menjadi (on becoming process), dimana siswa memerlukan
empat pilar yakni pengetahuan, keterampilan, kemandirian dan kemampuan untuk
menyesuaikan diri dan bekerjasama. Dengan kata lain, keterampilan belajar
merupakan suatu keahlian tertentu yang dimiliki oleh siswa, jika keahlian
tersebut dilatihkan terus-menerus akan menjadi suatu kebiasaan yang baik bagi
siswa dalam belajar.
1.2.Rumusan Masalah
·
Bagaimana cara meningkatkan keterampilan belajar siswa ?
1.3.Tujuan
·
Untuk mengatahui
bagaimana cara meningkatkan kerampilan belajar siswa
BAB II
ALTERBATIF METODE YANG SUDAH ADA
Keterampilan
merupakan suatu keahlian yang dimiliki seseorang setelah mengikuti pelatihan
atau training.Setiap individu memiliki keterampilan-keterampilan
yang menjadi ciri khas tersendiri baginya.Ada berbagai macam keterampilan yang
dimiliki seseorang, salah satunya adalah keterampilan belajar.
Belajar
menurut beberapa ahli dapat disimpulkan semua aktivitas mental atau psikis yang
berlangsung dalam interaksi aktif, sebagai suatu proses adaptasi yang dilakukan
dengan sengaja dan berlangsung secara progresif.Dengan adanya keterampilan
belajar diharapkan seseorang dapat mengenali dan memahami potensi belajar yang
ada pada dirinya.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa keterampilan belajar adalah suatu
sistem, metode dan teknik yang baik dikuasai oleh siswa tentang materi
pengetahuan atau materi belajar yang disampaikan oleh guru secara tangkas,
efektif dan efisien, yang tentunya keterampilan belajar tersebut harus
dilatihkan sehingga siswa menjadi terampil dalam menjalani pembelajaran di
sekolah.
Dan
biasanya setiap orang memiiki keterampilan belajar tersendiri namun pada
dasarnya kebanyakan atau sebagian besar keterampilan diperoleh dari :
1. Mengumpulkan
informasi dan gagasan baru melalui mendengar dan membaca.
2. Mencatat
informasi yang diperoleh melalui membuat catatan, outline,dan kesimpulan.
3. Meningkatkan
pemahaman melaluisintesis dan membuat hubungan dengan informasi sebelumnya yang
telah diperoleh.
4. Mengorganisasi
informasi yang diperoleh dngan membuet ouline, bagan, dan ikhtisar.
5. Mengingat
melalui organisasi memori dan menyampaikan kembali.
6. Menggunakan
infomasi dan ide-ide baru melalui laporan dan tes.
BAB III
IDE BARU/
IDE KREATIF
1. Keterampilan
Mengatur Waktu
a. Kelompokkan
waktu sehari-hari untuk keperluan tidur, belajar dan seterusnya.
b. Buatlah
jadwal untuk bermacam-macam pelajaran berikut urutannya yang seharusnya
dipelajari setiap hari.
c. Berhemat
dengan waktu, belajarlah dengan penuh konsentrasi dalam batas waktu yang
ditentukan.
2. Keterampilan
Mengikuti Pelajaran
a. Sikap positif terhadap belajar
b. Mengikuti kegiatan belajar
c. Memilih tempat duduk yang nyaman
d. Mencatat materi pelajaran.
e. Bertanya pada materi yang kurang dimengerti.
f. Mengemukakan pendapat dan merespon.
3. Keterampilan
Mengerjakan Tugas
Harus berniat dalam hati dan bersemangat
apapun tugas yang diebrikan oleh guru dan tidak menundanya karena tugas merupakan jalan menuju keberhasilan-keberhasilan,
dengan selalu menyelesaikan tugas siswa lebih mudah memahami apa yang telah
dipelajari.
4. Keterampilan
Persiapan Mengikuti Ujian
a. Pelajar
akan berhasil dalam belajar bila mengulangi pelajarannya beberapa kali selama
satu periode.
b. Mengulang
secara teratur dengan menyediakan waktu satu jam pelajaran setiap minggu,
mengulang pokok-pokok yang penting dari setiap pelajaran.
c. Bila
waktu tes sudah dekat perlu mengadakan persiapan khusus menjelang tes, paling
lambat seminggu sebelum ujian.
5. Keterampilan
Membuat Ringkasan
a. Membatu
mengingat ide-ide atau fakta-fakta.
b. Membedakan
ide-ide yang berlawanan.
c. Mempertanyakan
kebenaran dan ketepatan pernyataan.
d. Menaruh
perhatian pada bagian yang memiliki bobot dan makna yang penting.
Dan
yang paling terpenting agar tercapainya keterampilan dalam belajar adalah
berdisiplin dan tertib. Dengan begitu akan tercapailah tujuan belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Budiarjo, Lily. 2007. Keterampilan Belajar.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Surya, Mohammad. 1992. Psikologi Pendidikan Cetakan
Ke 5 (Revisi). Bandung: Jurusan PPB FIP UPI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar